Tjoayuliyanti's Blog

Tips-Tips sukses membuat brownies

Posted on: October 17, 2010

Agar Anda sukses membuat brokus, simak tips sederhana berikut:

  1. Tim cokelat masak (cokelat pekat, susu atau putih) dan mentega/margarin hingga lemak benar-benar leleh, baru dimasukkan pasta cokelat atau essens.
  2. Kocok terlebih dahulu telur dan gula pasir hingga rata lalu masukkan cake emulsifier (SP, TBM atau Ovalet), kocok kembali hingga adonan kental dan mengembang.
  3. Saat memasukkan tepung, sebaiknya sambil di ayak agar adonan tidak menggumpal. Selalu memasukkan cokelat bubuk di akhir pengadukan agar aroma cokelat tetap terasa.
  4. Saat mencampur adonan dengan mentega leleh, aduk hingga benar-benar rata hingga ke bawah kom adonan agar hasil jadi brokus bagian bawah tidak basah.
  5. Oles loyang dengan margarin atau margarin putih baru lapisi dengan kertas roti/parchment paper (tidak perlu sekeliling loyang dilapisi kertas roti, cukup bagian bawah/dasar loyang saja).
  6. Jika ingin membuat brokus lapis, tuang adonan setengah bagian loyang lalu kukus setengah matang, taburi isi lalu tuang dengan adonan hingga penuh dan kukus kembali hingga matang.
  7. Saat membuat brokus dengan lapisan, jangan pernah mengeluarkan loyang dari kukusan, penambahan isi sebaiknya dilakukan dengan posisi loyang tetap di dalam kukusan (jika kurang nyaman karena uap panas, disarankan untuk menggunakan sarung tangan).
  8. Pastikan air kukusan sudah mendidih dan menghasilkan banyak uap. Lapisi tutup kukusan dengan serbet, meskipun kukusan sudah punya saluran untuk mengeluarkan uap air yang berlebih.
  9. Ketika loyang dimasukkan ke dalam kukusan, kecilkan api dan selalu gunakan api sedang.
  10. Brokus yang sudah matang, sebaiknya langsung dikeluarkan dari kukusan. Diamkan sebentar lalu segera dikeluarkan dari loyang (jika terlalu lama di dalam kukusan, meskipun tutup kukusan sudah dibuka, bagian bawah brokus akan basah).
  11. Jangan melepas kertas roti jika brokus belum benar-benar dingin agar sisi brokus tidak rusak jika kertas roti dibuka saat brokus masih panas.
  12. Jika brokus tidak habis sekali santap, Anda dapat menyimpannya dalam lemari es dengan dibungkus kantung plastik atau kotak kue. Jika ingin menyantapnya, cukup dikukus.

1 Response to "Tips-Tips sukses membuat brownies"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Categories

%d bloggers like this: